Biografi PewDiePie Yang Jarang Diketahui

Biografi PewDiePie Yang Jarang Diketahui

Siapa PewDiePie?

Dikenal secara online sebagai PewDiePie, Felix Kjellberg adalah salah satu bintang terbesar di internet — ia memiliki lebih dari 100 juta pelanggan di saluran YouTube-nya, dan lebih dari 24 miliar penayangan. Saluran PewDiePie terkenal karena konten gamenya yang tidak sopan, direkam dengan gaya “Ayo Main” — video Kjellberg bermain video game sbobet casino sambil memberikan komentar yang penuh sumpah serapah.

Biografi PewDiePie Yang Jarang Diketahui

“Ayo bermain” menjadi genre YouTube yang sangat populer, dan PewDiePie adalah superstarnya; repertoarnya telah diperluas hingga mencakup aksi langsung dan film pendek komedi animasi.

Tetapi seiring ketenaran pemain asal Swedia itu, perilakunya menjadi semakin kontroversial. Dia meminta maaf pada tahun 2012 karena penggunaan “gay” dan “retard” sebagai penghinaan yang dianggap main-main dan karena membuat lelucon pemerkosaan — tetapi setelah dia memposting video yang berisi citra anti-Semit dan Nazi, dia dijatuhkan pada Februari 2017 oleh mitra jaringannya, the Studio Pembuat milik Disney; dia juga dikeluarkan dari platform Red YouTube dan program Google Preferred.

Dia meminta maaf, mengklaim humornya telah diambil di luar konteks, hanya untuk mengatakan n-kata berbulan-bulan kemudian selama siaran langsung pada September 2017. Seperti videonya, masa depan PewDiePie tampaknya sangat tidak terduga.

Bagaimana Felix Kjellberg Menjadi PewDiePie

Felix Arvid Ulf Kjellberg lahir pada 24 Oktober 1989, di Gothenburg, Swedia. Ibu dan ayahnya, Johanna dan Ulf, keduanya adalah CEO yang sukses. Sebagai seorang anak, ia menikmati seni dan bermain di Super Nintendo-nya; obsesinya dengan video game tumbuh selama masa remaja, di mana ia menghabiskan banyak waktu bermain game di kamar tidurnya, atau di kafe internet. “Swedia memiliki budaya yang hebat seputar game,” katanya kepada majalah Rolling Stone pada tahun 2015. “Kami benar-benar orang kutu buku.”

Selama tahun terakhir sekolah menengahnya, dia membeli komputer dengan uang yang dia hasilkan dengan menjual karya seni melalui galeri neneknya. Dia membuat saluran YouTube pertamanya, PewDie, pada tahun 2006 — “pew” adalah bahasa gaul untuk suara tembakan senjata laser — tetapi karena minatnya pada saluran berkurang, dia lupa kata sandinya, jadi ketika dia kembali ke YouTube pada tahun 2010, dia terpaksa membuat akun baru, PewDiePie.

Sekarang, Kjellberg telah belajar mengedit video dari tutorial online, dan mengunggah video “Let’s Play” pertamanya — tentang dia bermain Minecraft. Dia mendaftarkan akun PewDiePie-nya saat di Chalmers University of Technology di Gothenburg, mempelajari ekonomi industri dan manajemen teknologi. Dia berjuang untuk menyesuaikan diri di Chalmers: “Saya tidak memiliki kesamaan dengan orang-orang lain dalam program ini,” katanya kepada Maria Lindholm dari Icon Magazine.

Felix Kjellberg: Dari Penjual Hotdog hingga Superstar Maker Studios

PewDiePie mulai lepas landas setelah Kjellberg memfilmkan dirinya berteriak-teriak di sekitar game horor Amnesia, dan mulai menerima permintaan dari pemirsa untuk hal yang sama. Dia segera mengunggah beberapa klip sehari, dan akhirnya, yang membuat orang tuanya ngeri, dia keluar dari Chalmers pada tahun 2011 untuk bekerja di kios hotdog sambil mengembangkan salurannya.

Dia mencapai 1 juta pelanggan pertamanya pada Juli 2012. Dua bulan kemudian, dia memiliki 2 juta. Pada bulan Desember tahun itu, ia telah menandatangani kontrak dengan Maker Studios — jaringan bakat untuk pembuat video yang menyediakan sumber daya, keahlian, dan bantuan untuk promosi dan pemasaran, sebagai imbalan atas bagian pendapatan iklan — dan melihat salurannya berkembang pesat dari 100 juta menjadi 200 juta tampilan per bulan. Pada 15 Agustus 2013, PewDiePie menjadi saluran YouTube dengan pelanggan terbanyak di dunia.