Profile Musisi Legendaris Iwan Fals

Musisi ternama Iwan Fals yang lahir di jakarta 3 september 1961 ini sering disebut sebagai penyanyi paling menarik dan memiliki ciri khas sendiri. Mengapa menarik?, tentu saja karena bung Iwan Fals ini memiliki beberapa kriteria dalam permusikannya. Jadi setiap lagu yang dibuatnya tidak hanya untuk membuat penonton senang saja, tapi kebanyakan tertuju pada kritisi pemerintahan.

Profile Musisi Legendaris Iwan Fals Yang Dikenal Banyak Orang

Profile Musisi Legendaris Iwan Fals

Kebanyakan orang mengenalnya dengan nama Iwan Fals, tapi sebenarnya ia memiliki nama lengkap Virgiawan Listanto. Dengan nama panggilan gaulnya Iwan Fals ini membuat panggilan tersebut dikenal sampai ke berbagai penjuru dunia. Musisi legendaris ini memiliki istri bernama Rosanna, dan tiga anak bernama Galang Rambu Anarki, Annisa Cikal Rambu Basae, dan Rayya Rambu Robbani.

Bung iwan memiliki masa kecil yang sangat unik, ketika ia berumur beberapa bulan sering menangis jika magrib telah tiba pada sore hari menjelang malam. Selain itu ia juga pernah ikut orang tuanya untuk tinggal di arab jeddah selama 8 bulan lamanya. Sekembalinya ia dari arab, tidak lupa membawa gitar kesayangannya dari negara tersebut dan sempat diajari satu set lagu Blowing in the Wind oleh pramugari yang dijumpainya pada pesawat terbang.

Selain mahir dalam permusikan, bung iwan ini juga dikenal sebagai olahragawan semenjak kecil. Banyak bidang olahraga bela diri yang dikuasainya seperti karate, silat, yudo, dan bahkan sepak bola, basket, volly dll juga ditekunin semuanya. Semenjak pulang dari negara arab, iwan fals tinggal di bandung bersama kedua orang tuanya. Disana ia memulai sebuah karya kecil bersama gitar kesayangannya semenjak di bangku sekolah menengahnya.

Pernah Menjadi Pengamen Setelah Gagal Rekaman

Sering sekali iwan fals menyanyi di acara hajatan seperti perkawinan, sunatan, dan lain-lain pada kampungnya untuk mengasah keterampilan menyanyinya. Ia juga tampil di radio 8 milik ITB tempatnya berkuliahda, dari radio inilah membuatnya berjumpa dengan bambang bule. Bersama Bambang Bule, serta rekan lainnya mereka membuat rekaman di Istana Music Records dengan hasil penjualan motor dll dari hasil pengumpulan mereka. Tapi memang belum nasib, dan juga lagu yang masih berantakan membuat hasil penjualan kaset tidak laku.

BACA JUGA : Melihat Biodata Maudy Ayunda Yang Sukses Di Dunia Hiburan

Setelah gagal membuat rekaman, maka bung iwan kembali mengamen di jakarta sambil mengikuti berbagai festifal permusikan. Nah, tidak lama dari itu barulah Iwan Fals kembali membuat rekaman di Musica Studio, dan disanalah nama ia mulai dikenal dengan lakunya hasil perjualan kasetnya.

Nama Iwan Fals semangkin dikenal banyak orang, dengan keluarnya lagu Oemar Bakri yang ditayangkan di televisi TVRI. Semenjak itu lagu-lagunya terus keluar dengan tema lingkungan, serta mengkritik pemerintahan juga. Pada tahun 1997 ia sempat berhenti menyanyi karena anaknya yang bernama gilang meninggal secara mendadak. Setelah beberapa tahun kemudian barulah iwan fals kembali ke dunia permusikan dengan mengeluarkan lagu ‘Hadapi Saja’ pada tahun 2002 untuk menggambarkan hatinya yang sangat sedih sekali dengan kehilangan anaknya.